ADS BANNER 480x80

Sabtu, 06 Oktober 2012

Home » » Bersyukur dan ACTION!

0 Bersyukur dan ACTION!

Selalu dan selalu. Saya coba untuk bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Akan nikmat kesehatan, akan nikmat ketercukupan, akan segala macam nikmat yang mustahil saya hitung satu-persatu. Bersyukur pada-Nya membuat saya lebih tenang, lebih berbahagia. Saya terus berusaha memperdalam rasa syukur. Sangat bahagia rasanya menyaksikan bagaimana buah hati saya terus beranjak besar. Didampingi istri yang terus mendukung setiap langkah saya. Dikelilingi keluarga besar yang hangat. Dibesarkan oleh orang tua yang penuh kasih sayang. Sangat bersyukur juga saya bisa mengenal dan berjumpa dengan teman-teman dan rekan-rekan semua–baik di dunia nyata maupun maya–yang begitu istimewa. Alhamdulillah… hidup ini rasanya sungguh luar biasa. Saya sungguh bersyukur dengan segala pencapaian yang sudah saya raih sejauh ini.  

Maaf jika rasanya seperti curhat :) 

 Rozani Nofelinda menulis di sini soal bersyukur. 
 Bersyukur adalah sebuah konsep didalam kehidupan yang kita miliki ada tiga unsur sebagai   
 berikut: 

 1. Mengucapkan terimakasih kepada si pemberi 

 2. Memanfaatkan pemberian tersebut sebagai modal untuk meningkatkan kualitas diri kita. 

 3. Tidak menyesali atas apa saja yang belum kita miliki, namun dapat memanfaatkan apa saja yang telah kita miliki untuk modal kita meningkatkan kualitas diri.

Komentarnya tersebut yang membuat lahirnya postingan berjudul Bersyukur dan ACTION! ini. Terdiam dan termenung saya saat membaca komentarnya tersebut. Betul… kadang mungkin kita sering lupa untuk bersyukur. Kerasnya kehidupan, sibuknya aktivitas, dan segala macam alasan bisa menjadi pembenar kalau kita terlewat memanjatkan syukur. Padahal, jika kita sadari teramat banyak nikmat yang sudah kita cecap di dunia ini. Normalnya, setiap orang mensyukuri hal-hal yang sudah dicapainya. Namun, kini saya mencoba untuk membiasakan diri bersyukur atas apapun itu. Baik yang sudah dicapai, maupun belum. Bahkan untuk kejadian-kejadian yang mungkin sulit dijadikan sarana untuk memperdalam rasa syukur kita pada-Nya. Seperti misal pada saat-saat sulit, kebanyakan orang akan lebih mudah untuk mengeluh, mencerca, dan memaki. Padahal pada saat-saat mengalami kesulitan itu, merupakan saat yang tepat untuk “naik kelas”. Seperti anak sekolah, mereka pasti akan ditempa terlebih dulu dengan ujian sebelum naik kelas. Ujian merupakan sarana untuk memantaskan diri kita agar lebih tangguh dalam menjalani kehidupan ini. Dan di saat-saat yang sulit sekalipun selalu ada peluang untuk bertumbuh. Setiap tantangan merupakan peluang untuk membentuk pribadi yang kuat dan berkarakter. Rasa syukur juga sebaiknya terlontar dari mulut kita ketika melakukan kesalahan. Karena ada hikmah di dalamnya, ada pelajaran yang bisa dipetik dari kesalahan yang sudah dilakukan agar di kemudian hari tak lagi diulangi. 

Bersyukurlah juga jika ada yang belum diketahui. Sebab itu membuka jalan bagi kita untuk selalu belajar. Untuk terus meningkatkan kualitas diri. Bersyukurlah pula pada apa yang yang belum kita capai, belum kita miliki. Ya… benar. Sebab dengan mensyukuri apa yang belum kita miliki, apa yang belum kita raih… kita akan terus bergerak, kita akan terus ACTION! Bersyukur bukan semacam rasa takluk yang tak tertahan. Yang kemudian membuat kita tertunduk lesu dan tak berdaya. Sebaliknya, bersyukur adalah sebuah kekuatan. Kemampuan untuk melihat jauh ke depan dengan penuh rasa optimis. Begitu mudah untuk bersyukur. Tak perlu selalu menanti hal-hal baik, pada hal-hal yang dianggap “negatif” pun bisa kita syukuri. Membiasakan diri bersyukur merupakan cara yang baik untuk merubah yang negatif menjadi positif. Ngomong-ngomong, anda sudah bersyukur hari ini? :) Mari kita bersyukur setiap saat dan sepanjang waktu, dan tak lupa untuk terus ACTION! 

www.jokosusilo.com


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik, dan masukkan anda sangat penting untuk kemajuan blog ini, mohon maaf atas ketidaknyaman dalam blog ini maklum baru newbie dan masih melakukan perbaikan - perbaikan.

My Social Media

ADS BANNERS 480x80

Diberdayakan oleh Blogger.